Pengertian Sistem Operasi (Operating System)

Assalamu'alaikum.wr.wb

Sahabat blogger semua, hari ini saya akan menerangkan mengenai sistem operasi. Berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang, kini sistem operasi semakin banyak dan memiliki fitur dan keunggulan masing-masing. Untuk itu marilah kita bahas tentang apa itu sistem operasi :

Sistem Operasi atau Operating System merupakan komponen pengolah software (perangkat lunak dasar) yang tersistem sebagai pengelola sistem kerja pada perangkat keras (hardware), dan menyediakan layanan kepada aplikasi perangkat lunak atau software. Sistem operasi adalah bagian paling penting dalam perangkat lunak suatu sistem komputer.

Seiring berkembangnya teknologi dan semakin murahnya harga perangkat baik komputer maupun HP, tentunya kita pernah menjumpai sistem operasi dalam kehidupan sehari-hari baik pada HP maupun pada komputer (PC). Sistem Operasi pada PC / Komputer yang umum kita jumpai adalah Windows, Linux dan Mac OS.

Windows

Windows adalah sistem operasi berbasi Graphical User Interface (GUI) yang memudahkan kita dalam pengoperasianya, mengacu pada kata Interface sendiri yang artinya tatap muka sehingga kita dapat mengoperasikanya dengan tampilan yang tersedia. Sebelum windows dibuat, terdapat suatu sistem operasi yang dalam pengoperasianya tidak menggunakan GUI layaknya windows, yaitu sistem operasi berbasis text yaitu MS-DOS, sistem operasi ini sama seperti windows yang dibuat oleh Microsoft. MS-DOS merupakan singkatan dari  Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sistem operasi mainstream yang umum tersedia sebelum munculnya sistem operasi berbasis GUI.


Linux
Linux merupakan sistem operasi open source dimana memberikan kebebasan kepada user untuk mengubah atau mengembangkan sistem operasinya. Sistem Operasi linux umumnya dipakai dan dikembangkan oleh programmer dan developper sistem operasi. Dalam pengoperasiannya, linux menggunakan Command Line Terminal sehingga user perlu mengetikkan perintah-perintah dalam mengoperasikannya.


Mac OS
Mac OS merupakan sistem operasi yang umumnya terdapat pada komputer / PC bawaan Apple. Namun, baru-baru ini Mac OS dapat diinstall pada PC selain produk Apple namun, fitur dan fasilitas dari OS ini tidak dapat dinikmati secara keseluruhan.

Sistem Operasi pada Handphone :

Umumnya sistem operasi pada handphone telah kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu Android, Blackberry, dan IOS.

Android merupakan OS terbaru yang populer  saat ini yang terpasang pada ponsel-ponsel smartphone. Android diciptakan berbasis pemrogramman Java. OS Android dikembangkan dari sistem operasi linux. OS Android juga mendukung Multitasking.

Blackberry, merupakan OS yang diterapkan pada smartphone milik perusahaan Blackberry, dimana pengoperasiannya masih sama dengan HP sebelumnya, namun sudah mendukung fitur multitasking.

IOS merupakan sistem operasi pada Apple Iphone, yang terpasang pada device Iphone saja.

0 komentar:

Posting Komentar